Monday 7 April 2014

Panduan Penulisan Laporan Kemajuan PKM 2014


Salam Mahasiswa,,,
Tim Pustaka SIMACO kali ini akan berbagi metode pembuatan Laporan Kemajuan Program Kreativitas Mahasiswa. Hal ini sehubungan dengan sebentar lagi  musim pembuatan laporan kemajuan program akan datang. Disini kami menyediakan salah satu contoh Laporan Kemajuan PKM-M (Pengabdian Masyarakat) yang pada tahun 2013 lolos dan didanai Dikti.

Laporan ini sudah sesuai dengan format penulisan PKM Dikti tahun 2013 dan nantinya teman-teman bisa sesuaikan dengan format penulisan yang terbaru.
File pdf dapat teman-teman download disini



logo universitas 



LAPORAN KEMAJUAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM :
PENGAPLIKASIAN PROGRAM GREEN ENVIRONMENT DENGAN PENGGUNAAN KEMBALI BUKU BACAAN CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI PUSTAKA NAGARI UNTUK MASYARAKAT NAGARI SIKABU-KABU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA


BIDANG KEGIATAN :
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENGABDIAN MASYARAKAT
(PKM-M)


    Disusun Oleh :
Ridwan Rosman Syarif                    (NIM 1110532065 Angkatan 2011)
Fikri Hizryan                                     (NIM 1110522067 Angkatan 2011)
Weffry Ferdinandsyah Putra          (NIM 1110512029 Angkatan 2011)
Wibel Saputra                                   (NIM 1010831005 Angkatan 2010)


UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG
2013
A.    TARGET LUARAN
Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan program Pustaka Nagari Sikabu-kabu Kabupaten Lima Puluh Kota adalah:
1.      Tersedianya Pustaka Nagari di Nagari Sikabu-kabu yang berasal dari sumbangan buku-buku yang dapat digunakan kembali (re-use) dari Civitas Akademika Universitas Andalas.
2.      Tersedianya buku-buku bacaan yang berkualitas di Nagari Sikabu-kabu.
3.      Mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berwawasan luas.

B.     METODE
Metode pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat ini mengguanakan metode kerja lapangan melalui pembentukan Pustaka Nagari serta penyediaan buku-buku bacaan dari civitas akademika Universitas Andalas.
Tahapan pelaksanaan program Pustaka Nagari yaitu sebagai berikut :                      
1.      Persiapan
Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada tahap persiapan yaitu :
a.       Pembentukan tim penanggung jawab per Fakultas yang bertugas untuk mensosialisasikan dan mengumpulkan buku-buku dari civitas akademika Universitas Andalas.
b.      Sosialisasi ke setiap Fakultas tentang program Pustaka Nagari berupa sosialisasi ke BEM dan Himpunan Mahasiswa di setiap Fakultas serta penempelan pamflet program kegiatan di mading kampus.
c.       Pengumpulan buku-buku hasil sumbangan ke lokasi yang dibentuk di masing-masing Fakultas.
d.      Pengumpulan buku secara kolektif dari masing-masing Fakultas oleh tim.
e.       Pembuatan Blog Pustaka Nagari yang berfungsi sebagai media informasi, promosi dan sarana pencarian donatur Pustaka Nagari. Blog ini nantinya dapat menjadi sumber dana terutama dari donatur dan juga dari iklan (advertising) di Blog seperti iklan baris, google ads dan website lainnya.

2.      Persiapan Lokasi Kegiatan
a.       Rapat koordinasi dengan mitra kegiatan yaitu Wali Nagari Sikabu-kabu dan masyarakat nagari. Pada rapat ini akan dibentuk penanggung jawab harian Pustaka Nagari yang berasal dari masyarakat nagari tersebut.
b.      Persiapan tempat Pustaka Nagari yaitu pembersihan dan dekorasi ruangan serta menyiapkan sarana perpustakaan berupa lemari, meja dan rak-rak buku.
c.       Penyusunan buku-buku yang telah terkumpul di Pustaka Nagari serta mendata dan mengelompokkan buku-buku tersebut berdasarkan klasifikasi bidang ilmu.
d.      Sosialisasi kepada masyarakat nagari melalui pengumuman di Masjid, balai desa, sekolah-sekolah dan gelanggang anak nagari.
e.       Penyuluhan pengelolaan Pustaka Nagari kepada masyarakat yang telah ditunjuk sebagai pengelola harian dan juga petunjuk pengelolaan website Pustaka Nagari.

3.      Pengoperasian
a.       Peresmian Pustakan Nagari nantinya akan diresmikan oleh Wali Nagari Sikabu-kabu dan juga disaksikan oleh masyarakat nagari.
b.      Pustaka Nagari dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 18.00. Masyarakat dapat membaca buku-buku di perpustakaan dengan gratis.
c.       Pengoperasian Blog sebagai sarana informasi dan juga promosi Pustaka Nagari.

4.      Evaluasi
Tim akan datang ke perpustakaan secara rutin. Setiap sekali dalam dua minggu, tim akan datang ke Pustaka Nagari untuk melakukan inventarisasi buku dan perlengkapan serta melakukan evaluasi operasional perpustakaan.

C.    KEMAJUAN PEKERJAAN
Program Pustaka Nagari ini dimulai dari bulan Maret dan berlangsung hingga sekarang. Dalam pelaksanaan program ini terdapat 4 (empat) tahap yaitu tahap persiapan berupa sosialisasi dan pengumpulan buku di Universitas, tahap persiapan di Nagari, tahap pengoperasian kegiatan, dan terakhir adalah tahap monitoring dan evaluasi.
Tahap pertama program Pustaka Nagari diawali dengan pembentukan dan sosialisasi tim per fakultas, sosialisasi dilakukan melalui penyebaran pamflet. Pembentukan tim per fakultas berfungsi untuk menginformasikan Program Pustaka Nagari kepada dosen dan mahasiswa di seluruh fakultas di Universitas Andalas serta mengajak mahasiswa dan dosen untuk mendonasikan buku-bukunya. Buku yang didapat merupakan sumbangan dari mahasiswa dan dosen yang berada di lingkungan Universitas Andalas yang dikumpulkan oleh tim. Setelah buku terkumpul maka buku-buku hasil sumbangan dari mahasiswa dan dosen tersebut diinventaris dan setiap minggu dibawa ke Payakumbuh.
Pada tahap kedua dilakukan rapat persiapan dengan Wali Nagari dan Masyarakat pada tanggal 13 April 2013. Rapat persiapan dengan Wali Nagari dan Masyarakat dilakukan untuk mensosialisasikan Pustaka Nagari kepada masyarakat. Selain itu dalam rapat tersebut juga dibahas tentang teknis kegiatan operasional perpustakaan. Pada rapat persiapan dengan Wali Nagari dan masyarakat tersebut juga disetujui jam operasional Pustaka Nagari yaitu mulai pukul 15.00 – 18.00 WIB. Hal ini dikarenakan masyarakat di Nagari Sikabu-kabu hanya dapat mengunjungi pustaka di sore hari karena masyarakat bersekolah dan bekerja di pagi hari. Selain itu, hasil rapat juga ditunjuknya kelompok masyarakat sebagai petugas dan pengelola harian Pustaka Nagari.
Selain rapat persiapan dengan Wali Nagari dan Masyarakat pada tahap kedua ini juga dilakukan persiapan tempat. Persiapan tempat dimulai dengan persiapan lokasi Pustaka Nagari sesuai dengan persetujuan berdasarkan rapat dengan Wali Nagari, Wali Jorong serta tokoh masyarakat. Pembuatan lemari dan meja untuk Pustaka Nagari juga dilakukan sebagai bagian dari persiapan di Nagari. Selain lemari dan meja juga dibeli segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk kenyamanan dan dekorasi pustaka.
Pada tahap ketiga pengoperasian kegiatan mulai dilakukan yang diawali dengan Peresmian Pustaka Nagari oleh Wali Nagari, tokoh masyarakat Nagari Sikabu-kabu dan Dosen Pembimbing pada tanggal 25 Mei 2013. Setelah peresmian dilakukan maka pelaksanakan kegiatan Pustaka Nagari pun mulai dilakukan. Masyarakat pun mulai menggunakan Pustaka Nagari sebagai tempat membaca, meminjam buku dan sebagai tempat belajar dan diskusi.
Pada tahap terakhir dilakukan kontrol dan evaluasi ke Pustaka Nagari yang dijadwalkan sekali seminggu. Pada tahap ini dilakukan pengecekan terhadap kegiatan Pustaka Nagari. Selain itu pada setiap kunjungan juga dilakukan evaluasi terhadap pengelolaan pustaka terhadap petugas Pustaka Nagari.

D.    KETERCAPAIAN TARGET LUARAN
Buku-buku yang telah dikumpulkan oleh tim Pustaka Nagari merupakan buku-buku yang bersumber dari dosen dan mahasiswa Universitas Andalas serta dari donatur yang memiliki rasa kepedulian terhadap kemajuan pendidikan Indonesia. Buku-buku yang telah dikumpulkan dari donatur saat ini lebih dari 650 eksemplar buku yang terdiri dari buku agama, pelajaran SD, SMP, SMA, dan buku kuliah, buku pengetahuan umum serta buku agama yang menunjang pemahamam memperluas wawasan masyarakat.
Buku-buku yang telah dikumpulkan merupakan buku yang kondisinya masih bagus dan sudah tidak digunakan lagi oleh donatur, sehingga hal ini juga membantu pengaplikasian konsep green environmnent dengan penggunaan kembali (reuse) buku bacaan.
Pustaka Nagari Sikabu-kabu telah beroperasi sejak pertama kali diresmikan tanggal 25 Mei 2013 dan terus dikunjungi masyarakat Nagari Sikabu-kabu mulai dari anak-anak, remaja sampai ke orang tua. Masyarakat tersebut antusias untuk membaca di pustaka tersebut, karena terdapat buku bacaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, tim Pustaka Nagari dalam kunjungan rutinnya juga melakukan pelatihan minat dan bakat, pelatihan motivasi serta pelatihan bahasa Inggris untuk menambah keterampilan, wawasan dan pengetahuan masyarakat.

E.     PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN
1.      Administratif
a.       Printer yang sering rusak menyebabkan pamflet dan kegiatan surat menyurat terhambat sehingga memerlukan waktu untuk memperbaiki printer. Dengan demikian, surat dan pamflet tersebut harus di print di tempat rental komputer.

2.      Teknis
a.       Kurang maksimalnya kinerja tim per fakultas dalam mensosialisasikan program pustaka nagari ini sehingga tim tersebut harus diingatkan kembali untuk mensosialisasikan program tersebut secara terus menerus.
b.      Inventaris buku memerlukan waktu yang lama karena banyaknya buku yang akan di inventaris sehingga inventarisasi buku tersebut harus dilakukan setiap minggu di perpustakaan.

3.      Organisasi Pelaksana
a.       Kurang pahamnya pengurus pustaka tentang teknis pengelolaan pustaka. Pengurus harian Pustaka Nagari adalah masyarakat Nagari Sikabu-kabu Jorong Bukik Kandung sehingga kami mengadakan evaluasi setiap minggu dan juga pelatihan pengeloaan perpustakaan.

4.      Keuangan
a.       Tidak adanya kejelasan dana dan waktu pemberian dana dari DIKTI. Hal ini menyebabkan tim kesulitan dalam menjalankan kegiatan dan ragu untuk mengalokasikan dana kegiatan tersebut karena ketidak pastian dana yang disetujui DIKTI. Hal ini dapat diatasi dengan adanya dana talangan dari Universitas Andalas, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas serta dosen pembimbing kami karena pihak-pihak tersebut sangat mendukung kegiatan kami ini. Berkat bantuan dana tersebut, kegiatan kami dapat berjalan dengan lancar.

F.     REKAPITULASI PENGGUNAAN BIAYA
Dalam pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Pustaka Nagari ini dana awal pengelolaan bersumber dari dana talangan dari Universitas Andalas, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, dan Dosen Pembimbing PKM. Dana tersebut berjumlah Rp 5.000.000,00 (Lima Juta Rupiah) yang digunakan untuk pengelolaan kegiatan Pustaka Nagari, dengan rincian :
Rekapitulasi Pengeluaran Simaco
Februari - Juni 2013
No.
Keterangan
Biaya
1.
Bahan Habis Pakai
Rp  xxxxxxxxxxxxx
2.
Bahan Penunjang
Rp  xxxxxxxxxxxxx
3.
Transportasi
Rp  xxxxxxxxxxxxx
4.
Konsumsi
Rp  xxxxxxxxxxxxx
5.
Administrasi
Rp  xxxxxxxxxxxxx
Total
Rp  xxxxxxxxxxxxx











G.    DOKUMENTASI KEGIATAN

1 comments:

Guido Famula said...

Contoh Laporan Akhir PKM-M 2013 didanai tahun 2014. ( FORMAT PDF, 1,60 MB )
Silahkan berkunjung diblog saya.
http://afguifam.blogspot.com/

Post a Comment