Saturday 17 August 2013

MEMAKNAI 68 TAHUN INDONESIA MERDEKA


            Setiap tanggal 17 Agustus di peringati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Indonesia merdeka 17 Agustus 1945. Ini artinya 68 tahun Indonesia telah merdeka. Jika kita analogi kepada manusia, usia 68 tahun itu adalah usia yg sudah tua. Bicara tentang tua, tentu ia telah matang, mapan dan mandiri . Lalu coba kita bawakan pada kondisi Negara kita sekarang ini, apakah negara kita telah matang, mapan dan mandiri?. Agaknya negara kita masih jauh dari semua itu. Dimana 68 tahun negeri ini telah merdeka, namun masih banyak segudang masalah di negeri ini yang belum terselesaikan. Mulai dari kemiskinan yang masih menjadi masalah besar di negeri kita, korupsi yang luar biasa serta penegakan hukum yang masih abal-abal.

            Kondisi ini sungguh sangat memilukan. Di usia yang sudah tidak mudah lagi, namun belum mampu membuat negeri ini keluar dari segala poblema yang tak kunjung usai. Jika kita bandingkan dengan negara lain,  bandingkan saja dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Negara kita jauh ketinggalan dari mereka. Mulai dari rendahnya nilai mata uang kita dibandingkan mereka, rendahnya tingkat pendidikan kita dengan mereka, bahkan sangat banyak warga negara Indonesia harus hijrah kenegara itu untuk mencari kerja. Semua ini sungguh merupakan tamparan yang sangat keras untuk kita semua serta menjadi PR besar bagi ibu pertiwi?.
            Segudang masalah, dan tidak pernah habis masih menghantui Indonesia. Sampai kapankah semua ini akan berakhir? Indonesia perlu berbenah, kita harus segera bangkit dan menyelesaikan segala masalah yang masih membayangi negera kita tercinta. Agar kedepannya, kita benar-benar merdeka, merdeka sebagai negara yang bebas menjalani hidup dan juga merdeka dari segala kebodohan , kemiskinan dan kemunafikan yang membuat negara kita terus menjadi ladang subur yang dengan gampang di obok-obok.

Oleh :
Wibel Saputra
Jurusan Ilmu Politik Universitas Andalas 2009
Sekretaris Pustaka Nagari SI MACO

0 comments:

Post a Comment